Ticker

20/Tanya Dokter/ticker-posts

Radioterapi Dan Kemoterapi Berdampak Buruk?

Bu Mimi, pasien yang sering menjalani radioterapi dan kemoterapi, apakah akan mengalami gangguan kesehatan pada organ tubuh lainnya? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Bunda Singgih Wicaksono, Jakarta.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Persisnya, tentu dokter ahli yang paling berkompeten untuk menjelaskan hal ini. Namun sekedar berbagi informasi, saya pernah mendengar bahwa hal itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Sebab sekarang ini umumnya kemoterapi dilakukan dengan sangat hati-hati dan tepat sasaran dengan menggunakan metoda "tepat target." Sehingga biasanya reaksi yang timbul pun hanya terjadi di sekitar daerah yang disinar saja. Misalnya radioterapi untuk pasien kanker payudara, maka reaksinya hanya akan timbul di daerah kelenjar payudara. Reaksi bagi penderita kelenjar payudara biasanya ringan-ringan saja. Tidak mengganggu aktivitas makan pasien, terlebih sampai mengganggu daya pengelihatan atau anggota tubuh lainnya.

    Hasil radioterapi sangat nyata, yaitu mengendalikan kemungkinan kekambuhan lokal dan metastasis, mengurangi tingkat kekambuhan tumor dan relatif mengurangi penderitaan pasien. Di samping itu, tentunya, hasil pengobatan nampak lebih nyata.

    Semoga bermanfaat.
    Salam.

    BalasHapus

Ad Code