Ticker

20/Tanya Dokter/ticker-posts

Eksim Di Puting Susu Sukar Sembuh. Kanker Payudara?

TANYA:
Dokter, saya seorang wanita umur 35 tahun, bersuami dengan dua orang anak. Sudah dua tahun ini saya punya penyakit seperti ekzim di kulit sekitar puting susu payudara kiri saya. Saya sudah berobat kemana-mana, minum obat, diberi salep bahkan disuntik. Tetapi tidak pernah sembuh-sembuh. Saya jadi heran dan setengah putus asa. Apakah penyakit saya itu ada kemungkinan kanker dok? Terima kasih atas jawaban dokter. ~ Ny. Sari, Pontianak.

JAWAB:
Ny. Sari, seperti pada tulisan saya sebelumnya, bahwa tumor payudara ada yang jinak dan ada yang ganas. Tumor ganas itulah yang disebut kanker. Bila tumor ganas ditemukan di payudara, maka penyakit itu adalah kanker payudara.

Gejala kanker secara umum adalah berbentuk benjolan atau disebut "Type Solid" (padat) dimana hampir 80-90% dari seluruh jenis kanker akan memberikan gejala berupa benjolan. Sisanya yang 10-20% gejalanya tidak berupa benjolan, misalnya pada kanker darah leukemia. Pada kasus penyakit ibu, gejalanya adalah adanya sakit kulit seperti ekzim di puting susu dan didaerah "areola" yaitu daerah warna kulit kecoklatan atau kehitaman di sekitar puting susu. Tentunya bila itu adalah penyakit kulit biasa, seperti halnya ekzim atau penyakit kulit biasa lainnya seperti jamur, infeksi, alergi, dengan diobati memakai obat-obat kulit akan sembuh.

Tetapi pada kasus ibu setelah dua tahun diobati terus menerus, tidak sembuh-sembuh, tentunya harus dipikirkan penyakit lain, salah satunya adalah penyakit keganasan atau kanker. Pada kanker payudara, adalah jenis kanker type solid dimana hampir 90-95% gejalanya adalah berupa benjolan. Bila kanker sudah menyerang ke kulit payudara, gejalanya bisa berupa borok di kulit payudra (di luar daerah puting susu dan areola), bisa berupa kulit kemerahan, bisa juga timbul benjolan kecil-kecil di kulit payudara.

Selain itu kanker payudara dapat juga memberikan gejala berupa keluarnya cairan tidak normal berwarna kemerahan pada puting susu, dan bisa juga berupa kelainan kulit seperti ekzim yang tidak sembuh-sembuh di sekitar puting susu (areola).

Gejala penyakit ini awalnya adalah adanya kulit berwarna kemerahan (erythema) di kulit sekitar puting susu. Bila tanpa pengobatan, kulit mengalami erosi, lalu menjadi borok, kadang disertai adanya cairan baik berwarna bening atau kekuningan, dan dapat disertai dengan krusta atau keropeng. Dapat disertai adanya rasa gatal, nyeri. Diagnosis pasti tentunya dengan cara biopsi pada kelainan tersebut dan diperiksa di Patologi. Pengobatannya adalah dengan pengangkatan payudara yang terkena penyaktit Paget ini, jadi bukan hanya ekzim di kulit areola dan puting susunya saja yang diangkat. Hal ini disebabkan bahwa penyebab kankernya terdapat di saluran kelenjar payudara bagian dalam, jadi harus diangkat semuanya supaya tidak terjadi kekambuhan.

Pada kasus ibu, sebaiknya ibu berobat ke dokter, untuk ditegakkan diagnois pasti dulu dengan dilakukan biopsi atau pengambilan sedikit jaringan dari luka seperti eksim tersebut bisa dengan jarum halus atau operasi kecil, kemudian jaringan contoh tersebut diperiksakan ke bagian patologi anatomi utuk dipastikan jenis patologi anatomi jaringan tersebut. Bila ternyata benar penyakit ibu adalah kanker payudara jenis penyakit Paget, tentunya payudara ibu harus dioperasi diangkat payudara kirinya.

Pelajaran dari kasus ini adalah, bahwa bila diantara para pembaca khususnya para wanita, mempunyai keluhan ada luka berupa seperti eksim di daerah putting susu yang tidak sembuh-sembuh dengan pemakaian obat, maka sebaiknya l;ebih waspada dan segeralah periksakan ke dokter, supaya dapat cepat diketahui penyebab penyakitnya, sehingga dapat segera diobati.


Posting Komentar

5 Komentar

  1. saya punya kasus serupa dengan yg dialami ibu diatas, pertama gejala yang dirasakan gatal pada pinggir puting (daerah yg berwarna kecoklatan), lalu jadi luka kecil, saya pergi ke dokter kulit lalu dikasi salep racikan (yaitu bactoban dan zoter) dan dikasih obat minum( tp saya lupa namanya) yg dimana katanya utk membunuh virusnya dulu, tapi dokter itu blm mengetahui penyakit apa..yg penting katanya bunuh virusnya dulu...tapi sudah seminggu ga sembuh2..malah lukanya makin melebar ( lebih besar dr sebelumnya)dan agak bengkak, akhirnya saya pergi ke klinik di pecenongan, trus dokternya langsung mendeteksi bhw ini adalah eksim bukan kanker, lalu saya lgsung di suntik, dan dikasi ibat scandexon, dan cerini juga salep racikan. keesokan harinya udah ga bengkak lagi...dan lukanya agak menutup (terlihat ada lapisan kulit tipis yg menutup lukanya) dan lukanya sudah ga kemerah2an lagiseperti sebelumnya..,
    yang dianjurkan oleh dokter apabila kena penyakit eksim: tidak boleh mandi air hangat, mandi pake air dingin saja, lalu jangan menggunakan sabun yg banyak busanya( dianjurkan pakai sabun milk baby), jangan kena ac terlalu dingin, jgan pake sabun yg ada zat disinfektannya (seperti detol misalnya) dan juga jangan digosok2, ada pantangan makan juga...terutama seafood, telor, alkohol, kacang tanah (gado-gado)
    sekian masukan dari saaya
    alhasil semua itu akan sembuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelum nya nama klinik yang dipecenongan apa nama nya ya ? Trims

      Hapus
  2. yth.DR.mimi
    saya seorang gadis berusia 20 tahun,
    saya juga mempunyai sahabat seumuran yang mempunyai masalah tentang payudara,
    saya bingung harus bertanya kepada siapa
    mungkin anda bisa membantu,
    saya merasa ada yang aneh dengan payudara sahabat saya,
    kulit puting payudara sahabat saya masuk ke dalam,kasar,dan terkadang ada kulit yang terkupas begitu saja,tidak terasa sakit tetapi bentuknya menyerupai lapisan yang siap dicabut dan memang sering copot seperti kulit mati..
    namun,terkadang putingnya bisa naik keatas jika dia merasa dingin,
    apakah itu juga termasuk kanker payudara?
    sedangkan sebentar lagi dia akan menikah..
    termasuk jenis penyakit apakah itu?
    dan bagaimana cara mengatasinya?

    terimakasih banyak atas jawabannya..
    nita,belitung.

    BalasHapus
  3. Dokter sebut saja saya F. Payudara saya setelah menyusui memang mengendur hingga kulit bagian bawah itu keriput dok. Lalu jika payudara saya menegang itu putingnya tidak keras tapi bisa berdiri namun payudara saya tidak dapat menegang. Apa ini gejala yang normal dok ?? Terkadang kulit bagian bawah payudara saya yang keriput itu gatal dok. Kadang juga puting saya gatal. Ini gejala apa ya dok ? Tapi tidak ada eksim atau benjolan. Umur saya masih 22 tahun dok. Dan anak saya baru 1.

    BalasHapus
  4. Dok, payudara saya bagian puting nya dulu gatal dan skrg malah luka, jika luka itu kering sprti koreng dok, saya blm prnh priksa dok, krn saya takut trkena kanker, tp stlh searching di google gejalanya sprti exim payudara donk, saya haru bgmn y dok ?

    BalasHapus

Ad Code