Ticker

20/Tanya Dokter/ticker-posts

Efek Samping (Kemoterapi) Dengan Xeloda

DrZubairi yth.

Assalamualaikum wr wb.
Saya mendapat kemoterapi lagi ketika kanker payudara saya kambuh beberapa bulan yang lalu. Kali ini, saya mendapat infus paklitaksel dan obat minum xeloda (capecitabine). Pertanyaan saya, kok telapak tangan dan kaki saya seperti melepuh dan menjadi berwarna kehitaman dan untuk berjalan terasa berat, khususnya hari kedua sampai hari ketujuh (kadang sampai dua minggu) setelah mendapat paklitaksel yang diberikan setiap tiga minggu. Kapsul capecitabine saya minum setiap hari selama empat belas hari, kemudian istirahat tujuh hari (juga dimulai setiap tiga minggu).

Sewaktu infus obat kemoterapi yang pertama, yaitu sekitar 2-3 tahun yang lalu, tidak ada keluhan seperti yang saya sebutkan di atas. Waktu itu hanya rambut rontok, mual, dan muntah. Memang dokter saya sudah memberikan informasi, tetapi saya nggak begitu nangkap, kan sedang sedih banget kok kankerku bisa kambuh. Mohon penjelasan, Dok. (Bu Latif, Surabaya)

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Waalaikumsalam wr wb.

    Bu Latif yang sedang prihatin, memang benar kemoterapi cukup sering menyebabkan berbagai efek samping yang tidak menyenangkan. Sebagian besar obat kemqterapi bekerja merusak sel kanker yang tumbuh relatif cepat sehingga juga dapat menyebabkan kerusakan serupa untuk sel tubuh kita yang bersifat serupa, misalnya sel rambut, sel sekitar mulut, dan juga sel darah putih (leukosit). Jadi, kemoterapi dapat menyebabkan rambut rontok, mual dan muntah, serta jumlah leukosit merosot drastis.

    Alhamdulillah sekarang ini sudah tersedia banyak obat sehingga mual muntah tidak seberat yang dirasakan pasien 20 tahun yang lalu. Demikian pula tersedia obat untuk mengatasi rendahnya lekosit akibat kemoterapi.

    Untuk kemoterapi paklitaksel, efek sampingnya memang lebih terasa pada otot, khususnya di tungkai dan kaki kadang terasa pegal linu, sedangkan capecitabine memang dapat menyebabkan kelainan pada telapak tangan kaki dan tangan (hand foot syndrome) karena itu dokter menganjurkan selalu memakai lotion (hand body lotion) untuk diusapkan pada tangan dan kaki bila pasien diberi obat capecitabine untuk meminimalkan efek sampingnya.

    Kemoterapi memang obat yang keras, cukup sering menimbulkan efek samping. Namun, manfaatnya jauh lebih besar, cukup banyak pasien kanker yang harapan hidupnya membaik setelah pengobatan kemoterapi. Bukti ilmiah (evidence based medicine) tentang manfaat kemoterapi amat banyak sehingga kemoterapi menjadi standar pengobatan berbagai jenis kanker, di Amerika, di Indonesia, dan di semua negara, termasuk di Cina.

    Hasset dkk di dalam laporan penelitiannya yang diterbitkan majalah kanker Amerika, Journal of the National Cancer Institute, melaporkan 4.075 pasien kanker payudara yang diobati di Amerika. Ia mendapatkan data bahwa pasien kanker payudara yang mendapat kemoterapi 19 persen lebih sering dirawat di rumah sakit dan rawat di ruang emergency oleh karena berbagai macam indikasi, antara lain, karena infeksi, dehidrasi, muntah, malnutrisi, kelainan dalam pembuluh darah, emboli paru, dan lain-lain. Jadi, di Amerika pun efek samping kemoterapi yang serius tidak bisa dihilangkan seratus persen.

    Kemoterapi banyak manfaatnya, mengurangi risiko kekambuhan kanker, mengurangi sebaran kanker sehingga harapan hidup pasien kanker membaik. Bahkan, sejumlah pasien (tidak semuanya) dapat disembuhkan total. Namun, kemoterapi juga cukup sering menyebabkan efek samping yang beratnya bisa dikurangi. Dukungan keluarga dan sahabat menjadi penting, apalagi pasien kanker juga sering kali merasa takut karena kanker sering kali dihubungkan kematian. Diagnosis dini, pengobatan yang segera serta dukungan keluarga sahabat dan agama meningkatkan hasil pengobatan.

    Pesan lain jangan sampai ketakutan akan efek samping menyebabkan kemoterapi dimulai terlambat. Jangan khawatir untuk segera memulai kemoterapi karena manfaatnya banyak.

    BalasHapus
  2. Dear dr. Zubairi,
    Salam kenal dok, saya calon rekan sejawat dokter, saya sedang kuliah di FK Unand.

    Kalau ada waktu, saya sangat berharap dokter bisa mengunjungi web saya. Saya masih belajar dok, jadi isi webnya juga ala kadar. Mohon bimbingan dari dokter juga dalam mengembangkannya..

    Salam hormat saya,
    Widodo Saputra

    BalasHapus
  3. Dear Bu latif,,

    Saya menyarankan untuk konsumsi 4Life Transfer Factor Plus, solusi aman untuk atasi Kanker Payudara.
    Kanker terjadi karena lemahnya sistem imun. Saat ini semakin banyak factor yang dapat melemahkan sistem imun, seperti: pemanasan global, pencemaran, pola hidup, stress, pestisida pada makanan, zat kimia pada makanan, dll. Untuk itu dibutuhkan suplemen imun yang mampu menaikkan kekuatan sistem imun ke level yang tertinggi. 4Life Transfer Factor Plus merupakan kombinasi antara Transfer Factor E-XF yaitu Kecerdasan Imun dari sistem imun yang telah mengalahkan Kanker, Virus, Kuman, Parasit dan Cordyvant Proprietary Blend yaitu Herbal Anti Kanker, Virus, Kuman, Parasit.

    4Life Transfer Factor Plus mampu meningkatkan kinerja Sistem Imun hingga ke level yang tertinggi saat ini, yaitu 437%.

    http://infosolusikanker.wordpress.com/2013/04/12/kanker-payudara/

    BalasHapus
  4. Informasi yang sangat baik, mungkin bisa coba produk kami yang bekerja pada sistem imun (kekebalan tubuh), di mana dari hasil riset, uji klinis, dan testimoni sudah banyak menyembuhkan banyak penyakit kanker. Info lengkap :
    http://www.4life-better.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Untuk membantu menunjang komponen darah dan stamina agar siap di kemotherapi, bisa minum FUFANG EJIAO JIANG. info :http://fufangejiaojiang.blogspot.com/2012/12/testimoni-pengguna-fufang-ejiao-jiang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon info apakah fufang ejiao mengandung gula? Sebab gula sangat di pantang oleh penderita cancer. Suami sy besok mulai kemo, sy sudah soap kan ejiao, tetap ada info ejiao itu Manis. Jadi sy perlu info apkh benar ejiao mengandung gula? Thanks.

      Hapus
    2. Mohon info apakah fufang ejiao mengandung gula? Sebab gula sangat di pantang oleh penderita cancer. Suami sy besok mulai kemo, sy sudah soap kan ejiao, tetap ada info ejiao itu Manis. Jadi sy perlu info apkh benar ejiao mengandung gula? Thanks.

      Hapus
  6. hallo, mau sharing aja, klo sekarang pengobatan kanker gak slalu harus dengan operasi / kemo. temen saya ada yg kena diagnosa kanker payudara, pada saat itu dokter mengharuskan dia untuk di operasi, untungnya temen saya gak langsung mengiyakan, saat cari-cari info ttg pengobatan kanker, dia menemukan Rumah Sakit Modern Cancer Hospital Guangzhou, di rumah sakit itu pengobatan kanker tanpa operasi/kemo. mereka pake metode minimal intervensi, minim efek samping, luka pendarahan, pemulihannya juga cepat.
    sekarang ini temen saya sudah sembuh, hanya tinggal melakukan rutin check-up dan imunoterapi aja.
    kebetulan saya ada nomor telpnya, 087771114643 / BB: 53A8823A
    semoga bermanfaaat.. :)

    BalasHapus
  7. maaf utk mba graceanna kalo blh sy tau dmn ya tempat rs modern cancer hospital guangzhou trimaksih banyak sblmnya

    BalasHapus
  8. disiplin check, kontrol supaya tidak menyebar. mertua saya kena kanker payudara stadium 3b. merasa sudah enakan tidak mau checkup, sudah di paksa beliau tidak mau. akhirnya hanya dalam tempo 9 bulan tiba-tiba sudah menjalar ke hati & paru. fungsi hati tinggal 20%. paru nya terendam air. kesakitan. akibat tidak disiplin dalam checkup. beliau minum xeloda juga. sekarang sudah masuk stadium 4. tak tahan saya melihat beliau kesakitan. jika ada euthanasia, saya pilih pilihan tersebut. beliau sudah menderita kasihan lihatnya. bagi pembaca disini hendaknya disiplin dalam berobat / checkup. ingat. penyakit bukan saja yang membuat si pasien menderita tetapi juga keluarganya, lebih2 jika membutuhkan uang yang sangat banyak.

    BalasHapus

Ad Code