Ticker

20/Tanya Dokter/ticker-posts

Mendapati Benjolan Di Payudara Saat Hamil

TANYA:
Dokter, saya wanita berusia 31 tahun, sekarang saya hamil memasuki bulan keempat. Tetapi di payudara kiri saya ada benjolan yang lumayan besar. Saya ingin menanyakan apakah beresiko dengan kehamilan saya? Resikonya apa? Bagaimana cara mengatasinya dokter? Saya jadi takut sekali. Ini kehamilan saya yang pertama.

Benjolan di payudara itu penyebabnya apa dokter? Apakah saya harus dioperasi, tapi saya takut dan khawatir dengan kondisi kehamilan ini. Apakah saya bisa melahirkan anak saya dokter?

JAWAB:
Kalau tumor payudaranya adalah tumor jinak, tidak apa-apa, tidak membahayakan ibu maupun janin/bayi. Kalau ganas, ini yang jadi masalah. Usia hamil baru empat bulan, anak ke berapa?

Kalau jinak bisa saja dioperasi, karena usia kehamilan sudah lewat dari tiga bulan pertama. Tapi kalau tidak dioperasi dan menunggu lahir sampai bayi bisa makan sendiri juga tidak apa-apa. Kalau tumor ganas ya harus secepatnya ditangani. Kalau ada dokter bedah onkologi di kota anda, segera konsul ke sana. Demikian jawaban singkatnya.


Posting Komentar

6 Komentar

  1. Sekedar tambahan informasi, simak juga artikel yang relefan dengan kasus ini di Blog Mimi. Lihat artikel berjudul Kanker Payudara Juga Dapat Menyerang Saat Kehamilan!

    Semoga bermanfaat.
    Salam.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum dok' saya mau tanya seputar benjolan payudara. Umur saya 23 thn kehamilan pertama n sedang hamil 32 ming9u baru kmrn s0re saya sadar setelah saya cek dgn cara sadari ternyata ada Benjolan sebesar kelereng di payudara kiri saya. M0h0n untuk tindak lanjut agar tdk membahayakan janin saya... Seberapa bahaya kah?
    Apakah nanti saya bisa menyusui anak saya?
    M0h0n sharenya ya'

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum dok mau tanya, saya hamil usia 7bulan dipayudara kiri saya baru disadari ada benjolan kecil kira2 lbh kecil dr kelereng di atas buletan hitam payudara tp dya letakknya aga di dlm. Apabila payudara saya pijat mutar perlahan dan saya cari benjolan itu kadang dya tdk terasa dan sprti bergeser k dalam, tp saat tertentu saya raba lg dya teraba tp tidaj terlalu bulat sperti kelereng. Kira2 itu berbahaya atau tidak dok? Itu kelenjar pembentukkan asi atau sejenis tumor? Saya sangat khawatir.

    BalasHapus
  4. mungkin itu termasuk tumor jinak payudara ( FAM ) mbak wiwin !!!

    BalasHapus
  5. Dok,saya ada benjoLan di di hitam2 bawah puTing,,usia kandungan saya sudah 8 bulan.. sebelumnya tidak ada,baru2 ini sya meraba ternyata ada benjolan. Saya takut menganggu saat menyusui nanti. Menurut dokter gimana?

    BalasHapus
  6. salam kenal, saya memberikan kabar gembira untuk kawan kawan saya yang sedang mengalami kanker, sata mengatakan bahwa teman saya sembuh dari kanker dengan obat Walatra Berry Jus Ahlinya Kanker Tumor sekarang dia sudah sembuh.

    BalasHapus

Ad Code